Merawat kondisi aki kering mobil memang terbilang sangat penting dilakukan, terlebih bagian aki mobil merupakan salah satu bagian yang vital pada sebuah mobil. Namun, ternyata ada cara mudah untuk melakukan perawatannya, loh.
Baterai sebagai sumber listrik pada mobil atau yang biasa disebut aki adalah komponen vital lantaran fungsinya sebagai sumber kelistrikan utama. Untuk itu, aki wajib dilakukan perawatan berkala, termasuk menjaga voltase atau tegangannya agar tetap stabil.
Untuk menjaga performa aki agar tetap optimal salah satunya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Pasalnya rutinitas ini akan membuat arus tegangan pada aki untuk bergerak memasok daya pada komponen kelistrikan di mobil.
Selain itu, proses memanaskan kendaraan juga akan memberi pasokan tegangan ke aki sehingga mencegah terjadinya kurang daya.
Periksa secara berkala.
Pastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.
Melakukan pengisian ulang.
Jika Anda menggunakan jenis aki kering atau maintenance free, maka cara menjaga voltase adalah dengan melakukan pengisian ulang (charging) kalau tegangannya sudah di bawah 12 volt. Namun, pada praktiknya, terkadang perlu melakukan pergantian aki secara keseluruhan jika memang sudah tidak bisa menyimpan daya.
Hindari Beban Aki Berlebih.
Aki memiliki beban daya sesuai kapasitasnya, usahakan tidak memberikan beban berlebih pada aki seperti memasang perangkat yang membutuhkan beban listrik terlalu banyak.
Dengan menghubungkan anda langsung dengan ponsel sales consultant kami. Sederhana, aman dan nyaman, Kami adalah cara digital untuk mendapatkan konsultasi Anda tentang produk terbaru.
Honda Accord |
|
2.0 RS e:HEV | IDR 970.900.000 |
Honda BR-V |
|
S MT | IDR 297.300.000 |
E MT | IDR 312.800.000 |
E CVT | IDR 325.500.000 |
PRES CVT | IDR 350.400.000 |
PRES with Honda Sensing CVT | IDR 370.400.000 |
Honda Brio |
|
S MT | IDR 170.400.000 |
E MT | IDR 185.500.000 |
E CVT | IDR 202.500.000 |
RS MT | IDR 248.200.000 |
RS CVT | IDR 258.200.000 |
RS MT TWO TONE | IDR 250.700.000 |
RS CVT TWO TONE | IDR 260.700.000 |
Honda City Hatchback |
|
RS HS CVT | IDR 384.500.000 |
RS HS CVT TWO TONE | IDR 387.000.000 |
Honda Civic RS |
|
RS CVT | IDR 626.300.000 |
Honda Civic Type R |
|
2.0 MT | IDR 1.445.500.000 |
Honda CR-V |
|
1.5 TURBO CVT | IDR 759.000.000 |
2.0 RS e:HEV | IDR 825.800.000 |
Honda HR-V |
|
1.5 L S CVT | IDR 392.100.000 |
1.5 L E CVT | IDR 412.900.000 |
1.5 L SE CVT | IDR 433.500.000 |
1.5T RS CVT | IDR 551.400.000 |
1.5 L E CVT TWO TONE | IDR 415.400.000 |
1.5L SE CVT TWO TONE | IDR 436.000.000 |
1.5 T RS TWO TONE | IDR 553.900.000 |
Honda WR-V |
|
1.5 E MT | IDR 280.700.000 |
1.5 E CVT | IDR 290.700.000 |
1.5 RS CVT | IDR 310.700.000 |
1.5 RS CVT HS | IDR 330.700.000 |
1.5 RS CVT Two Tone | IDR 313.200.000 |
1.5 RS CVT HS Two Tone | IDR 333.200.000 |
New Honda City |
|
1.5 E CVT | IDR 420.700.000 |